Senin, 24 Oktober 2011

TUGAS I

Nama               : Kristin Natalia
Kelas               : 2 EB 17
NPM               : 23210927
Dosen              : Yunni Yuniawaty


Tugas I

Pengertian Ekonomi Koperasi



A.  Kata koperasi itu sendiri, menurut beberapa sumber yang saya baca bukan merupakan kata yang berasal dari bahasa Indonesia. Banyak yang berpendapat bahwa ia berasal dari bahasa Inggris yaitu : co-operation, cooperative, atau bahasa Latin : coopere, atau dalam bahasa Belanda : cooperatie, cooperatieve, yang berarti bekerja bersama-sama, atau kerja sama, atau usaha bersamaatau yang bersifat kerja sama. Kata koperasi tersebut dalam bahasa Indonesia sebelum tahun 1958, dikenal dengan ejaan kooperasi (dengan dua 'o'), tetapi selanjutnya berdasarkan Undang Undang Nomor 79 Tahun 1958 kata kooperasi telah diubah menjadi koperasi (dengan satu o), demikian seterusnya hingga sampai sekarang.


B. Pengertian Koperasi menurut Calvert, dalam buku "The Law and Principles of Cooperation"
Calvert, memberi definisi tentang koperasi sebagai organisasi orang-orang yang hasratnya dilakukan sebagai manusia atas dasar kesamaan untuk mencapai tujuan ekonomi masing-masing.

C.  Pengertian Koperasi menurut Drs. A. Chaniago dalam buku "Perkoperasian Indonesia"
Drs. A. Chaniago memberi definisi koperasi sebagai suatu perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang memberi kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota dengan bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan usaha, untuk mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggotanya.

D. Pengertian Koperasi menurut Aliansi Koperasi Sedunia (Intemational Cooperatives Alliance/ICA)
Koperasi didefinisikan sebagai "Perkumpulan otonom dari orang-orang yang bersatu secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan aspirasi ekonomi, sosial dan budaya bersama melalui perusahaan yang dimiliki bersama dan dikendalikan secara demokratis" (berdasarkan terjemahan yang dibuat oleh Lembaga Studi Pengembangan Perkoperasian Indonesia (LSP2I).

E.  Pengertian Koperasi menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian, yang mendefinisikan koperasi sebagai "Badan Usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan-badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan"

F.  Pengertian Koperasi menurut Dr. Muhammad Hatta dalam bukunya “ The Movement in Indonesia” Beliau mengemukakan bahwa koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong menolong. Mereka didorong oleh keinginan memberi jasa pada kawan “ seorang buat semua dan semua buat seorang” inilah yang dinamakan Auto Aktivitas Golongan, terdiri dari :
  1. Solidaritas
  2. Individualitas
  3. Menolong diri sendiri
  4. Jujur

G. Koperasi berbentuk Badan Hukum sesuai dengan Undang-Undang No.12 tahun 1967 ialah: “Organisasi Ekonomi Rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama, berdasarkan asas kekeluargaan.

H.  Definisi Koperasi menurut Munkner yaitu Koperasi sebagai organisasi tolong menolong yang menjalankan ‘urusniaga’ secara kumpulan, yang berazaskan konsep tolong-menolong. Aktivitas dalam urusniaga semata-mata bertujuan ekonomi, bukan sosial seperti yang dikandung gotong royong.

I. Definisi Koperasi menurut Dr. C.R Fay yaitu suatu perserikatan dengan tujuan berusaha bersama yang terdiri atas mereka yang lemah dan diusahakan selalu dengan semangan tidak memikirkan diri sendiri sedemikian rupa. Sehingga masing masing sanggup menjalankan kewajibannya sebagai anggota dan mendapat imbalan sebanding dengan tingkat hubungan mereka dengan perserikatan itu.

J.  Definisi Koperasi menurut R.M Margono Djojohadikoesoemo
Koperasi adalah perkumpulan manusia seorang-seoarang yang dengan sukanya sendiri hendak bekerja sama untuk memajukan ekonominya.

K.  Definisi Koperasi menurut Prof. R.S. Soeriaatmadja
Koperasi adalah suatu badan usaha yang secara sukarela dimiliki dan dikendalikan oleh anggota yang adalah juga pelanggannya dan dioperasikan oleh mereka dan untuk mereka atas dasar nir laba atau dasar biaya.

L. Dari beberapa pengertian koperasi diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa Ekonomi Koperasi adalah Badan usaha yang terdiri dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam membuat suatu usaha dan mencapai tujuan bersama untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan berdasarkan asas kekeluargaan serta diharapkan dapat memperbaiki perekonomian masyarakat.










Sumber :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar