Jumat, 22 Oktober 2010

Bisnis Aksesoris Wanita

Tugas Pengantar Bisnis
Nama : Kristin Natalia
NPM : 23210927
Kelas : 1 EB 21

Bisnis Aksesoris Wanita

Kebutuhan untuk mempercantik diri melalui penampilan merupakan satu hal yang “wajib” bagi wanita. Penampilan ini bisa mulai dari pakaian, make up, sepatu, aksesoris dan lain sebagainya. Tak heran jika bisnis untuk memenuhi kebutuhan wanita yang satu ini menjadi peluang usaha yang cukup potensial. Aksesoris pada wanita dipandang mampu memberikan pengaruh yang luar biasa dalam mengangkat pamor seorang wanita. Aksesoris wanita mulai dari kalung, gelang,cincin, bros, anting dan lain-lain menjadi perhiasan “wajib” untuk mendukung penampilan tersebut.

Aksesoris wanita sendiri memiliki variasi bahan yang berbeda-beda mulai dari yang murah sampai yang mahal. Meski demikian masing-masing aksesoris wanita memiliki kekuatan dan pesona sendiri-sendiri. Bahan-bahan aksesoris dari emas dan sejenisnya tentu harganya sangat mahal, tetapi aksesoris wanita dari bahan-bahan alam seperti kayu, batu, bahan limbah dan lain-lain relatif lebih murah. Namun masing-masing memiliki segmen penggemar sendiri-sendiri, hal inilah yang menyebabkan bisnis aksesoris wanita sangat luas pasarnya.

Peluang usaha aksesoris wanita yang sangat terbuka inilah yang patut menjadi pertimbangan untuk serius ditekuni. Data dari deperindag menunjukkan kuota eksport perhiasan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan pasar perhiasan dan aksesoris wanita tidak hanya di dalam negeri saja tetapi juga di luar negeri.

Jangan dibayangkan bisnis aksesoris wanita ini memerlukan modal yang besar, jika anda tidak memiliki modal yang besar, andapun bisa mengambil peluang ini. Dengan Modal kecil bisnis aksesoris ini bisa dilakukan. Tentu yang dilakukan bukan dengan bisnis aksesoris berbahan emas atau bahan-bahan yang mahal lainnya. Bisnis aksesoris wanita dengan modal kecil bisa dilakukan untuk bahan-bahan dari alam misalnya kalung batu alam, bros, bahan silver dan lain-lain. Selain itu banyak bahan-bahan aksesoris buatan Cina yang cukup murah.

Jika anda memilki keterampilan anda bisa mendesain sendiri aksesoris sesuai dengan keinginan customer, jika tidak anda bisa bekerja sama dengan pengrajin untuk menjualnya melalui internet ataupun menjualnya langsung. Dengan modal yang kecil yang perlu diperhatikan adalah segmen pasar. Dengan modal yang kecil tentu target kita adalah kelompok menengah ke bawah.


Yang mungkin penting untuk menjadi pertimbangan dalam bisnis ini adalah trend pasar. Saat ini kecenderungan customer cenderung memilih aksesoris dengan bahan dasar batu alam. Hal ini disebabkan keunikan batu alam yang tidak sama satu dengan lainnya. Bahan lain yang sedang trend adalah Bros dengan model anyaman kawat.



Pemasaran Aksesoris Wanita

Beberapa pelaku bisnis ini telah melakukan pemasaran memalui media online seperti toko online, blog dan Jejaring sosial. Sebagian lagi bisa dilakukan melalui direct selling dengan rekan-rekan kerja, famili, titip jual ke toko-toko busana,butik sampai membuka toko sendiri.

Kunci utamanya adalah bagaimana aksesoris yang kita jual memiliki keunikan dibandingkan dengan yang lain. Semakin unik sebuah produk aksesoris akan banyak diminati pelanggan. Aksesoris yang sifatnya customized sesuai keinginan pelanggan akan memberi nilai tambah. Selain itu pemberian diskon dan bonus di dalam memasarkan produk aksesoris wanita akan memberikan nilai lebih.









(sumber : http://galeriukm.web.id/peluang-usaha/kemilau-bisnis-aksesoris-wanita)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar