Jumat, 22 Oktober 2010

Bisnis Butik Online

Tugas Pengantar Bisnis
Nama : Kristin Natalia
NPM : 23210927
Kelas : 1 EB 21

Bisnis Butik Online

Selain bisnis aksesoris wanita yang cukup kemilau prospeknya sebagai peluang bisnis, butik pakaian merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Kebutuhan mempercantik diri melalui penampilan dari sisi pakaian merupakan faktor penting selain aksesoris yang dikenakan. Tidak mengherankan jika Bisnis Butik menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Berbeda dengan Butik offline, Bisnis butik online merupakan alternatif Bisnis Modal kecil yang bisa dilakukan dari rumah dan menjadi usaha sampingan yang menguntungkan. Bisnis Butik Offline memerlukan modal yang cukup besar, seperti sewa tempat, gaji karyawan, listrik dan stok barang dan lain sebagainya.


Bisnis Butik Online kemungkinan akan menjadi trend di masa depan selain kebutuhan manusia akan pakaian yang tidak pernah berhenti, juga kecenderungan pemanfaatan teknologi informasi yang semakin meluas. Selain itu menurut survey dari Nielsen Online Japan, meski belanja iklan di media online Indonesia masih rendah tapi trend-nya meningkat dalam beberapa waktu ke depan. Jejaring sosial juga sudah bukan barang aneh lagi di segenap lapisan masyarakat. Penggunaan Jejaring sosial ini turut menyumbang penetrasi penggunaan Internet di segenap lapisan masyarakat. Tak heran jika perilaku konsumen dalam berbelanja termasuk pakaian perlahan akan mengalami pergeseran melalui belanja online.

Peluang bisnis butik online ini termasuk relatif mudah dilakukan dan tidak memerlukan modal besar. Stok barang tidak harus dalam bentuk barang yang ready stock, cukup dengan katalog berikut deskripsi sedetail mungkin. Hanya saja pada saat pembeli memesan barang tersebut harus dipastikan kita bisa menyediakannya dalam waktu as soon as posible. Hal ini bisa dilakukan kerjasama dengan suplier atau produsen pakaian .

Kunci dalam membangun bisnis butik online ini adalah kepercayaan pelanggan. Kesesuaian deskripsi barang dengan barang yang dikirimkan harus sesuai, jika tidak akan membuat pelanggan kapok membeli di tempat kita.Salah seorang kawan saya pernah kecewa bahkan kapok berbelanja online karena barang yang dikirim ternyata tidak sesuai dengan deskripsi yang dipasang di internet . Cerita tadi jangan sampai terulang dengan bisnis butik online yang akan anda bangun.

Faktor lain yang penting adalah keseriusan di dalam menekuni bisnis butik online. Pada dasarnya tidak ada bedanya bisnis online dengan offline, pelayanan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Dalam bisnis butik online, walaupun antara penjual dan pembeli tidak bertatap muka langsung, pelayanan yang baik dan profesional akan menjadi penentu keberhasilan bisnis butik online ini.





(sumber : http://galeriukm.web.id/peluang-usaha/menggagas-bisnis-butik-online)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar